Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa

Tugas ISD – 1


Dosen                          : Ramita Hapsari
Nama                           : Novia Risdiani
NPM                           : 1B115189

2. Jika dikaitkan dengan perubahan dan perkembangan zaman pada saat ini lalu jika dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin maju ceiritakan dan jelaskan kondisi didaerah Indonesia saat ini yang ketinggalan teknologi atau IPTEK?

Jawab:

Menurut saya walaupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibanding Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di Negara-negara asia misalnya Jepang dan China. Mungkin hal ini karna masih terbatasnya orang Indonesia yang mendapatkan pendidikan barat terutama pendidikan tinggi, kemudian kurangnya keinginan pemerintah maupun perusahaan swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi. Bagi saya ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, tujuan utama perkembangan IPTEK sendiri yaitu untuk memberikan perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, cepat, murah dan lain sebagainya.

Akan tetapi di Negara tercinta kita Indonesia,kemajuan IPTEK tidak dapat dipandang sebelah mata lagi,karena pada jaman sekarang di negara indonesia pun kehidupan masyarakat kota besar sangat lah modern dan tidak kalah dibandingkan dengan negara-negara maju yang memiliki ilmu pengetahuan yang lebih modern, namun yang menjadi problem di negara Indonesia bukanlah kemajuan IPTEK nya,akan tetapi penyebaran IPTEK yang tidak merata, misalnya jika kita melihat ke desa-desa yang terpencil di Indonesia seperti papua, papua barat, Sulawesi, Maluku utara, Kalimantan dan lain-lainya banyak yang belum terjangkau oleh teknologi, sebenarnya jika pemerataan IPTEK di negara Indonesia dapat lebih merata, akan banyak membawa perubahan baik dari sisi ekonomi ataupun derajat sosial.

Seperti contohnya Indonesia sudah menunjukan geliat perkembangan IPTEK dengan adanya berbagai perguruan tinggi, beberapa pusat penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) serta badan pengakajian dan penerapan teknologi (BPPT). Namun perkembangan IPTEK juga memiliki beberapa dampak baik dampak positif maupun dampak negatif. Contoh dampak positif seperti dengan adanya perkembangan IPTEK tentu memberikan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi, mencari informasi, menyebarkan informasi, menambah wawasan serta pengetahuan dan lain sebagainya, Kemudian untuk dampak negatif dengan adanya perkembangan IPTEK yaitu mempengaruhi pola pikir manusia, menghilangkan budaya tradisional, menimbulkan berbagai kerusuhan dan lain sebagainya.
jadi menurut pendapat saya sudah saatnya pemerintah indonesia mulai memperhatikan perkembangan IPTEK di daerah-daerah yang terpencil agar merka mampu bersaing dengan masyarakat di perkotaan yang sudah terlebih dahulu mengenal dan memanfaatkan teknologi yang modern, sehingga meraka dapat lebih produktif dan efisien dalam melakukan pekerjaan, baik yang bekerja ataupun yang melakukan wirausaha, berkebun, bertani dan lain lain akan sangat terbantu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.


Daftar pustaka:
http://lipi.go.id/berita/single/iptek-bagi-daerah-miskin-:-percepat-pembangunan-lewat-teknologi/1085

0 komentar:

Posting Komentar